17 April 1960 - Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia didirikan

by 18.16 0 komentar
Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia atau yang disingkat dengan PMII adalah sebuah organisasi kemahasiswaan yang berdiri pada tanggal 17 April tahun 1960 di Surabaya. Adapun ketua umum pertama PMII bernama Mahbub Djunaedi.

Lambang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia
Singkatan PMII
Slogan Dzikir, Fikir, dan Amal Saleh
Pembentukan 17 April 1960 / 17 Syawwal 1379 Hijriyah.
Jenis Organisasi Kemahasiswaan,
Kantor pusat Jakarta, Indonesia
Bahasa resmi Indonesia
Ketua Umum PB PMII 2014-2016 Aminuddin Ma'ruf

 Latar belakang pembentukan PMII

Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) lahir karena menjadi suatu kebutuhan dalam menjawab tantangan zaman. Berdirinya organisasi Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia bermula dengan adanya hasrat kuat para mahasiswa NU untuk mendirikan organisasi mahasiswa yang berideologi Ahlusssunnah wal Jama’ah. Dibawah ini adalah beberapa hal yang dapat dikatakan sebagai penyebab berdirinya PMII:
  1. Carut marutnya situasi politik bangsa indonesia dalam kurun waktu 1950-1959.
  2. Tidak menentunya sistem pemerintahan dan perundang-undangan yang ada.
  3. Pisahnya NU dari Masyumi.
  4. Ditakutkan HMI akan dibubarkan oleh PKI, karena pada masa itu HMI sebagai satu-satunya organisasi kemahasiswaan yang berasaskan islam. Sehingga pada saat itu juga Mahbub Djunaedi berinisiatif untuk mendirikan organisasi kemahasiswaan yang bernafaskan islam pula, yaitu PMII
Hal-hal tersebut diatas menimbulkan kegelisahan dan keinginan yang kuat dikalangan intelektual-intelektual muda NU untuk mendirikan organisasi sendiri sebagai wahana penyaluran aspirasi dan pengembangan potensi mahasiswa-mahsiswa yang berkultur NU. Disamping itu juga ada hasrat yang kuat dari kalangan mahsiswa NU untuk mendirikan organisasi mahasiswa yang berideologi Ahlussunnah Wal Jama’ah. Dengan berazaskan Pancasila. ==Tujuan PMII sebagaimana termaktub dalam Anggaran Dasar (AD PMII) BAB IV pasal 4 "Terbentuknya pribadi muslim Indonesia yang bertaqwa kepada Allah SWT, berbudi luhur, berilmu, cakap dan bertanggung jawab dalam mengamalkan ilmunya dan komitmen memperjuangkan cita-cita kemerdekaan Indonesia".

Isnaeni DK

Ada apa Hari di Dunia?

Kumpulan timeline sejarah yang terjadi didunia berdasarkan tanggal kejadian.

0 komentar:

Posting Komentar